Kegiatan Awal Pembelajaran dapat Menentukan Keberhasilan dalam Proses Pembelajaran

Kegiatan Awal Pembelajaran dapat Menentukan Keberhasilan Proses Pembelajaran
Kegiatan Awal Pembelajaran dapat Menentukan Keberhasilan Proses Pembelajaran
Kegiatan Awal Pembelajaran 

Kegiatan Awal Pembelajaran dapat Menentukan Keberhasilan Proses Pembelajaran

Setelah Dokumen SD menjelaskan mengenai Panduan dalam Pembuatan Penelitian Tindakan KelasDokumen SD akan mengajak anda untuk menelaah dalam Kegiatan Awal Pembelajaran yang dikemas dalam artikel dengan judul Kegiatan Awal Pembelajaran dapat Menentukan Keberhasilan dalam Proses Pembelajaran

Seperti yang kita tahu, kebanyakan seorang dari pada seorang guru yang Profesional selalu memperhatikan hal-hal yang sering dilupakan sebagai seorang guru. Langkah Awal dalam Kegiatan Awal Pembelajaran. Pada dasarnya Kegiatan Awal Pembelajaran dilakukan agar terciptanya sebuah pembelajaran yang bisa dibilang efektif untuk memungkinkan para siswa-siswinya untuk siap mengikuti sebuah proses dalam suatu pembelajaran yang bisa dibilang ke arah yang lebih baik.

Guru yang profesional tentunya akan sangat mengerti kalau di dalam suatu proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila seorang guru tersebut bisa mengkondisikan siswa-siswinya untuk menciptakan suasana yang kondusif dan efektif. Hal inilah yang sering kali terabaikan oleh guru yang kurang memiliki pengalaman dalam mengajar.

Apapun Kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut tentunya Kegiatan Awal Pembelajaran mestinya dikedepankan dengan baik. Hal tersebut seperti yang telah Dokumen SD jelaskan di atas akan sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana yang kondusif dan juga efektif dalam proses pembelajaran.

Lantas, upaya apa saja yang dilakukan oleh seorang guru dalam Kegiatan Awal Pembelajaran ? Beberapa upaya yang dilakukan oleh seorang guru sangatlah beragam, namun dalam hal kaitan ini, seorang guru tentunya memiliki beberapa macam upaya untuk menciptakan suasana yang kondusif dan efektif dalam proses kegiatan awal pembelajaran. Upaya yang dilakukan seorang guru antara lain bisa seperti :
  • Ciptakanlah suasana kelas dan sikap seorang guru yang menarik. Sebuah pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas bisa terpengaruhi oleh sikap seorang guru di depan kelas. Hal ini cenderung dilakukan oleh seorang guru yang profesional agar siswa-siswinya tidak merasa kaku, tegang, dan juga takut untuk mengikuti proses pembelajaran yang akan berlangsung. Ciptakanlanh suasana yang menarik di depan kelas agar para siswa tersebut bisa menyerap aktivitas pembelajaran dengan percaya diri yang tanpa ada sebuah rasa penekanan di dalamnya. Guru yang profesional tentunya akan tahu di dalam memulai sebuah pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas seperti misalnya mempersiapkan serta menata alat-fasilitas atau sarana pembelajaran atau alat pembelajaran sehingga memudahkan para siswanya untuk beraktivitas belajar di dalam kelas.
  • Guru senantiasa memeriksa kehadiran siswa-siswinya. Dengan melakukan pemeriksaan kehadiran para siswanya, guru sebenarnya tidak langsung telah memberikan sebuah motivasi kepada para siswanya. 
  • Guru menciptakan kesiapan siswa dalam belajar. Seperti yang kita tahu, bahwa dalam kesiapan dalam belajar dapat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Untuk itu, seorang guru haruslah membantu siswanya untuk menumbuhkan semangat belajar siswa di dalam belajarnya.
  • Guru senantiasa menciptakan suasana belajar yang demokratis. Pada dasarnya sebuah pembelajaran yang demokratis dapat dilalui dengan menggunakan sebuah metode Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Guru membimbing para siswanya untuk berani bertanya, menjawab, serta mengeluarkan pendapatnya dihadapan kelas atau di depan kelas.
Kegiatan Awal Pembelajaran dilakukan untuk menyiapkan siswanya seperti mental siswa untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu Kegiatan Inti Pembelajaran.Motivasi dan Perhatian siswa merupakan salah satu tujuan dilaksanakannya sebuah kegiatan awal pembelajaran

Seperti halnya yang telah kita ketahui, bahwasanya di dalam kegiatan awal pembelajaran itu sangatlah beragam dan tentunya banyak sekali. Sepeti apa saja itu ? Kegiatan Awal Pembelajaran bisa dilakukan dalam beberapa tahap, seperti : 
  • Menimbulkan sebuah Motivasi dan sebuah perhatian siswa
  • Dengan Memberikan sebuah Acuan
  • Membuat sebuah Kaitan
  • Dan yang terakhir memberikan sebuah pertanyaan berupa tes awal
Menimbulkan sebuah motivasi dan sebuah perhatian siswa. Pada dasarnya siswa akan memiliki sebuah memori pada pembelajaran yang telah berlangsung sebelumnya dan agar suasana pembelajaran yang berlangsung dengan baik, maka seorang guru haruslah bisa memacu para siswanya dengan menarik perhatian para siswanya untuk menimbulkan sebuah motivasi di dalam pembelajaran dan juga sebuah perhatian dari pada seorang siswa yang dimana hal tersebut adalah merupakan sebuah langkah awal di dalam kegiatan awal pembelajaran.

Apa itu memberikan acuan ? Guru senantiasa menggambarkan secara singkat akan apa yang akan dipelajari dalam kegiatan pembelejaran yang akan berlangsung. Kegiatan seperti ini diantaranya dapat dilakukan sebagai berikut :
  • Guru memberitahukan alasan dan tujuan(kemampuan) yang akan dipelajari oleh para siswanya.
  • Menyampaikan sebuah alternatif suatu kegiatan belajar yang nantinya akan dipelajari oleh siswanya.
Sedangkan untuk langkah dalam memberikan sebuah kaitan  terhadap suatu pembelajaran yang akan diberikan oleh seorang guru. Siswa-siswi akan merasa senang apabila hal yang akan mereka pelajari berkaitan dengan pengalaman yang mereka alami atau telah mereka kenali sebelumnya. Kegiatan memberikan Kaitan inilah yang biasa disebut dengan sebuah apersepsi. Tentunya jika anda sering atau bahkan pernah membuat sebuah Rencana Pelakasanaan Pembelajaran tentunya anda pernah membuatnya bukan ? Sudah pasti anda pernah jika anda telah atau sering membuat RPP

Dan untuk yang teakhir adalah memberikan sebuah tes awal dalam kegiatan awal pembelajaran. Pemberian tes awal adalah merupakan sebuah tujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa untuk mempelajari sebuah materi yang baru yang akan dipelajari. Hal ini bisa disebut juga dengan Pre Test. Tujuan umum dalam melakkukan test awal pembelajaran atau juga pre test tersebut adalah untuk mengukur serta mengetahui seberapa jauh mana materi yang akan dipelajari oleh siswa-siswi yang telah mereka kuasai.

Demikian uraian singkat mengenai Kegiatan Awal Pembelajaran dapat Menentukan Keberhasilan dalam Proses Pembelajaran. Semoga artikel ini bisa membantu dan tentunya menambah wawasan seorang guru untuk meningkatkan proses pembelajaran. Terima kasih

0 Response to "Kegiatan Awal Pembelajaran dapat Menentukan Keberhasilan dalam Proses Pembelajaran"

Post a Comment