Mengenal Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah

Mengenal Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah
Mengenal Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah

Mengenal Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah

Sebelumnya Dokumen SD teah membagikan file Download Administrasi Guru Kelas SD/MI Lengkap Tahun Ajar 2016/2017 yang dirasa dapat membantu anda sekalian dalam mengerjakan tugas sekolah. Pada kesempatan ini Dokumen SD akan berbagi mengenai Informasi seputar Perpustakaan Sekolah, ya itung-itung kita belajar bersama mengenai Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah.

Setelah Dokumen SD menimbang kembali mengenai Perpustakaan Sekolah dan Aplikasi Perpustakaan Sekolah yang nanti Dokumen SD akan membagikannya untuk anda, pertama-tama marilah kita kenali terlebih dahulu mengenai Perpustakaan Sekolah.

Berdasarkan apa yang Dokumen SD kutip dari buku Pengelolaan Perpustakaan Sekolah yang ditulis oleh Opong Sumiati, dkk yang diterbitkan oleh Universitas Terbuka yang pertama kali dicetak pada bulan Oktober 2011 yang akan Dokumen SD informasikan kepada anda sekalian.

Untuk pertama-tama mari kita kenali dahulu mengenai Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah. Apa itu Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah ? Baru-baru ini, kehadiran akan perpustakaan bukanlah suatu hal yang baru, dimana-mana terdapat perpustakaan. Bahkan, di zaman globalisasi informasi ini, kehadiran perpustakaan telah merupakan salah satu unit kerja atau lembaga yang diperlukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan informasi.

Terdapat berbagai jenis perpustakaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Apabila dilihat dari sudut tujuan, lingkup koleksi yang dimiliki, serta kelompok pemakainya, secara garis besar dikenal lima macam perpustakaan, yaitu :
  1. Perpustakaan Nasional
  2. Perpustakaan Umum
  3. Perpustakaan Khusus/Instansi
  4. Perpustakaan Perguruan Tinggi
  5. Perpustakaan Sekolah.

Apapun jenisnya semuanya merupakan salah satu bentuk pusat sumber informasi yang penting bagi masyarakat penggunaannya (Yusup, 1988)

Sejalann dengan pernyataan di atas, perpustakaan dapat dikatakan sebagai suatu unit kerja yang mengelola sejumlah bahan pustaka yang akan digunakan oleh pemakai. Dalam hal ini, perpustakaan berfungsi sebagai pusat sumber informasi. Lebih jelas, dapat dilihat dari pengertian perpustakaan berikut ini bahwa perpustakaan dapat diartikan sebagai suatu unit kerja atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku maupun non buku (mikrofilm, gambar-gambar surat kabar, majalah dan sebagainya) yang telah diatur dengan cara sistematis menurut dasar aturan tertentu jadi dapat digunakan/dipakai menjadi sumber informasi untuk setiap pemakainya (Bafadal, 2005)

Lebih lanjut, namun jika dilihat dari uraian infrastruktur yang berhubungan dengan informasi, perpustakaan itu masuk ke salah satu sebuah lembaga penyebar (disseminator) informasi yang perlu ditangani secara serius dan profesional (Science Applications International Corporation (SAIC) dalam Rubin, 1998. Bahkan, tidak dapat dipungkiri bahwa semua perpustakaan merupakan suatu unit kerja yang mengemban tugas dan fungsi yang sangat mulia sekaligus strategis, ekonomis, serta demokratis dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu berperan sabagai suatu sarana pelaksana belajar mandiri dan pendidikan seumur hidup bagi individu atau kelompok masyarakat tertentu.

Terkait dengan lembaga pendidikan sebagai dasar satuan pendidikan di berbagai jenjang, mulai dari sekolah dasar, menengah, dan tingkat atas, baik itu yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta, dewasa ini semakin perlu memiliki dan mengelola perpustakaan sekolah (school library). Tentunya, perpustakaan lengkap dan berperan optimal sebagai salah satu sarana penunjang pencapaian sasaran pendidikan yang telah dicanangkan oleh badan induknya. 

Unit kerja ini berupaya menyediakan dan mengelola perpustakaan dengan sistem yang baku sebagai sumber informasi bagi para perpustakaannya, yaitu para siswa, pendidik, sampai para administratif yang bekerja di bagian tata usaha dan unit pelaksana teknis sekolah tersebut.

Dengan demikian, perpustakaan sekolah sebagai bagian integral dari kekuatan dan keberadaan suatu lembaga pendidikan perlu dikelola oleh sumber daya manusia yang memiliki kompoten di bidangnya, yaitu para pustakawan atau guru pustakawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang seluk-beluk penyelenggaraan perpustakaan.

Dengan adanya ilmu serta bimbingan dan juga para pustakawan yang memiliki keterampilan serta pengetahuan dalam penyelenggaraan perpustakaan tentu diharapkan dapat :
  1. Menjelaskan hakikat, tujuan, dan fungsi serta unsur utama perpustakaan sekolah
  2. Menjelaskan manajemen dan organisasi perpustakaan sekolah
  3. Menjelaskan tata kerja perpustakaan sekolah
Tunggu kembali artikel selanjutnya yang Dokumen SD akan bahas mengenai Hakikat, Tujuan, dan Fungsi dari pada Perpustakaan Sekolah. Semoga artikel yang berjudul Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah ini dapat menambah wawasan anda terhadap Perpustakaan Sekolah. 

Nantikan artikel selanjutnya yang akan Dokumen SD bahas mengenai Hakikat, Tujuan, dan Fungsi dari pada Perpustakaan Sekolah

0 Response to "Mengenal Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah"

Post a Comment