Pengetian Hakikat, Tujuan, dan Fungsi Pepustakaan Sekolah

Pengetian Hakikat, Tujuan, dan Fungsi Pepustakaan Sekolah
Pengetian Hakikat, Tujuan, dan Fungsi Pepustakaan Sekolah

Pengetian Hakikat, Tujuan, dan Fungsi Pepustakaan Sekolah

Pada artikel sebelumnya Dokumen SD telah membahas mengenai Mengenal Konsep Dasar Perpustakaan Sekolah. Sekarang kita akan membahasa mengenai apa yang telah Dokumen SD janjikan kepada anda mengenai Pengertian Hakikat, Tujuan dan Fungsi dari pada Perpustakaan Sekolah. Apakah itu ? Yu kita sama-sama belajar mengenai Hakikat, Tujuan dan Fungsi Perpsutakaan Sekolah berikut di bawah ini.

Hakikat Perpustakaan Sekolah

Istilah "perpustakaan" berasal dari kata dasar "pustaka". Pustaka dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia berarti kitab atau buku. Dalam bahasa Inggris, diketahu dengan sebuah library yang asalnya dari sebuah bahasa Latin, aitu liber atau libri yang artian adalah buku. Selain itu, dikenal juga dalam bahasa asing lainnya, yaitu biblia (Yunani) yang berarti buku, kitab sehingga timbul kata bibliotheek (Belanda), bibliothek (Jerman), bibliotheque (Perancis), dan bibliotheca (Spanyol/Portugis) (Sulistyo-Basuki, 1991)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, pada Bab I pasal 1, disebutkan bahwa yang dimaksud dengan perpustakaan sekolah adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, atau karya yang direkam dengan cara profesional yang menggunakan sebuah sistem baku dengan memenuhi setiap kebutuhan dalam pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Secara garis besar, pengertian dari pada perpustakaan sekolah itu menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah Perpustakaan adalah yang berada pada lembaga pendidikan sekolah merupakan bagian integral dari sekolah dan sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.

Manfaat dan Tujuan Perpustakaan Sekolah

Jika dirangkum dari buku Pengelolaan Perpustakaan Sekolah yang ditulis oleh Opong Sumiati, dkk, Manfaat dan Tujuan Perpustakaan Sekolah tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Menimbulkan kecintaan para siswa terhadap budaya membaca
  2. Memperkaya pengalaman belajar, menanamkan kebiasaan belajar sendiri dan berlajar sepanjang hayat
  3. Mempercepat proses penguasaan materi
  4. Membantu guru memperoleh dan menyusun materi-materi pembelajaran serta membantu kelancaran dan penyelesaian tugas para karyawan sekolah
  5. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Fungsi dari pada Perpustakaan Sekolah

Secara sederhana, perpustakaan sekolah yang merupakan bagian integral dalam sistem kurikulum sekolah berfungsi sebagai sebuah pusat guna kegiatan belajar dan mengajar, pusat penelitian sederhana, serta pusat membaca guna menambah ilmu pengetahuan dan rekreasi.

Unsur-unsur Utama Perpustakaan Sekolah

Unsus-unsur Utama dari pada Perpustakaan Sekolah adalah sebagai berikut :
  1. Organisasi
  2. Gedung/Ruangan
  3. Perabot dan Perlengkapan
  4. Koleksi
  5. Tenaga
  6. Layanan
  7. Anggaran
Demikian Pengertian Hakikat, Tujuan, dan Fungsi Perpustakaan Sekolah yang Dokumen SD dapat sampaikan yang dirangkum dari Buku Pengelolaan Perpustakaan Sekolah yang ditulis oleh Opong Sumiati, dkk. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda terhadap Pengertian Hakikat, Tujuan dan Fungsi Perpustakaan Sekolah. Terima kasih

0 Response to "Pengetian Hakikat, Tujuan, dan Fungsi Pepustakaan Sekolah"

Post a Comment